Mengenal Lebih Dekat Mesin Bubut

Posted by Informasi Tentang Mesin

Mengenal Lebih Dekat Mesin Bubut - Anda mencari info mengenai mesin bubut? oke akan kami jelaskan sedetail-detailnya mesin bubut itu apa dan juga bagaimana cara kerja mesin bubut, dari wikipedia menjelaskan bahwasanya, Mesin Bubut adalah suatu Mesin perkakas yang digunakan untuk memotong benda yang diputar. Bubut sendiri merupakan suatu proses pemakanan benda kerja yang sayatannya dilakukan dengan cara memutar benda kerja kemudian dikenakan pada pahat yang digerakkan secara translasi sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja. Gerakan putar dari benda kerja disebut gerak potong relatif dan gerakkan translasi dari pahat disebut gerak umpan. Dengan mengatur perbandingan kecepatan rotasi benda kerja dan kecepatan translasi pahat maka akan diperoleh berbagai macam ulir dengan ukuran kisar yang berbeda. Hal ini dapat dilakukan dengan jalan menukar roda gigi translasi yang menghubungkan poros spindel dengan poros ulir.

Mesin Bubut
Mesin Bubut
Roda gigi penukar disediakan secara khusus untuk memenuhi keperluan pembuatan ulir. Jumlah gigi pada masing-masing roda gigi penukar bervariasi besarnya mulai dari jumlah 15 sampai dengan jumlah gigi maksimum 127. Roda gigi penukar dengan jumlah 127 mempunyai kekhususan karena digunakan untuk konversi dari ulir metrik ke ulir inci. (Wikipedia).

Ada 4 Jenis mesin bubut yakni Mesin bubut ringan, Mesin bubut sedang (medium lathe), Mesin bubut standar (Standard Lathe),dan juga Mesin bubut meja panjang (Long Bed Lathe). Untuk jenis mesin bubut secara prinsipnya ada 7 jenis diantaranya adalah Mesin bubut centre lathe, Mesin Bubut Sabuk, Mesin bubut vertical turning and boring milling, Mesin bubut facing lathe, Mesin Bubut Turret, Mesin bubut Turret Jenis Sadel, dan Mesin bubut turret vertikal.

Apa saja tugas mesin bubut? berikut adalah tugas atau fungsi dari mesin bubut:


1. Membubut luar membubut luar adalah proses pengikisan diameter benda kerja bagian luar atau pembubutan diameter benda kerja menjadi ukuran yang lebih kecil dari diameter sebelumnya, contohnya adalah poros bertingkat pada engsel pagar.

2. Membubut dalam membubut dalam adalah proses pemakanan diameter dalam benda kerja atau proses pembesaran lobang benda kerja hasil pengeboran, contohnya adalah poros berlubang untuk pasangan engsel pagar.

3. Membubut tirus membubut tirus adalah proses pembubutan sudut miring pada benda kerja dengan menggunakan rumus tertentu atau memutar eretan atas pada mesin bubut, contohnya bagian belakang palu yg dibuat di laboratorium proses manufaktur

4. Membubut permukaan membubut permukaan adalah proses pembubutan permukaan benda kerja untuk meratakan permukaannya dan juga untuk memperpendek panjang benda kerja.

5. Memotong Memotong adalah proses membelah bagian pada benda kerja yang panjangnya kelebihan banyak dengan menggunakan pahat potong mesin bubut.

6. Membuat ulir membubut ulir adalah proses pembbutan yang bertujuan untuk membuat ulir pada benda kerja dengan sudut – sudut tertentu.

Related Post



Post a Comment